MSD Modern School of Design | UPPM
 

UPPM

UNIT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

UPPM ASRD MSD

 

Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM) ASRD MSD merupakan lembaga penyelenggara penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang memiliki tanggung jawab memberikan layanan dan pembinaan terhadap kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat kepada seluruh sivitas akademika di ASRD MSD. UPPM ASRD MSD menyelenggarakan sejumlah program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka memberikan layanan seimbang dan akses yang setara bagi seluruh dosen, serta untuk memberdayakan mereka dalam meningkatkan kapasitas pada penelitian dan pengabdian yang telah disesuaikan dengan arahan kebijakan penelitian dan riset yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset, Dan Teknologi, serta Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.

VISI UPPM ASRD MSD

Mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sebagai wahana penelitian dan pengabdian masyarakat yang berwawasan kebangsaan, global, kreatif, profesional, dan mandiri dengan mengedepankan seni, budaya, desain dan teknologi.

MISI UPPM ASRD MSD

  1. Mengembangkan payung penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis ilmu-ilmu seni rupa dan Desain Komunikasi Visual dengan penerapan budaya dan teknologi.
  2. Mengembangkan dan memelihara sikap serta pemikiran ilmiah, yang menjunjung etika dan berkontribusi pada peningkatan kualitas dan martabat manusia.
  3. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai kontribusi terhadap dunia pendidikan dan dunia industri kreatif, serta masyarakat pada umumnya.
  4. Meningkatkan perolehan Hak Kekayaan Intelektual (HKI).
  5. Meningkatkan kerjasama internal dan eksternal dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

STRUKTUR ORGANISASI UNIT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

  1. Ketua UPPM

Ketua UPPM berkewajiban untuk memimpin unit yang fokus pada penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Akademi Seni Rupa dan Desain MSD. 

 

  1.   Staf Administrasi

Kegiatan administrasi UPPM dibagi menjadi dua bagian dengan melibatkan 2 staf sebagai berikut:

  1. Staf Administrasi Dokumen yang bertugas untuk mengelola administrasi yang berkaitan dengan segala dokumen kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Staf Administrasi Keuangan memiliki tugas untuk mengelola administrasi yang berkaitan dengan keuangan dan fasilitas sarana prasarana baik untuk kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan luaran hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 

  1. Koordinator Tim Sub Kegiatan Penelitian membantu ketua UPPM dalam mengelola berbagai aspek penelitian. Tugasnya termasuk sosialisasi program, penyelenggaraan hibah, dan diseminasi penelitian. Selain itu, dia juga terlibat dalam perencanaan anggaran, penyusunan kebijakan operasional, dan memperoleh informasi terkait penelitian dari berbagai sumber. Perannya penting untuk menjalankan dan mengembangkan kegiatan penelitian UPPM dengan efektif.

 

  1. Koordinator Tim Sub Pengabdian Masyarakat membantu ketua UPPM dalam mengelola aspek pengabdian. Tugasnya mencakup sosialisasi program, penyelenggaraan hibah, dan diseminasi dalam bidang pengabdian. Dia juga terlibat dalam perencanaan anggaran, penyusunan kebijakan operasional, dan pelaksanaan kegiatan pengabdian agar mencapai sasaran yang tepat. Koordinator ini juga bertanggung jawab atas pengembangan kerjasama dengan stakeholder dalam konteks pengabdian dan pengembangan kesehatan masyarakat.

 

DOKUMEN-DOKUMEN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Dokumen yang tersedia dalam lembaga UPPM ASRD MSD adalah sebagai berikut:

  1. Pedoman Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
  2. Pedoman Monitoring dan Evaluasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
  3. Rencana Strategis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
  4. Rencana Induk Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat