Ngobrol Seru Desain Buku Bersama Bentang Pustaka

Ngobrol Seru Desain Buku Bersama Bentang Pustaka

Sharing tentang proses kreatif disain? Itulah inti dari acara yang bertemakan “Ngobrol & Diskusi Desain Visual Buku” ini. Acara seru ini berisikan workshop yang diisi oleh Tim Desain Bentang Pustaka dan digelar pada hari senin lalu, 11 April 2016. Dalam kesempatan ini Tim Desain Bentang Pustaka berbagi pengalaman mereka dalam dunia desain buku. Workshop pun dipenuhi puluhan mahasiswa MSD yang “memendam” rasa ingin tahu mereka tentang dunia desain buku.

Acara workshop diawali dengan pengenalan personil Tim Desain Bentang Pustaka, mulai dari mas Hapsoro Ardianto (mas Adit) selaku Art Director Bentang Pustaka, mas Fahmi Ilmansyah sosok Kreatif Desain di balik novel Supernova Dee Lestari, mas Edwi selaku HRD Bentang pustaka, juga mas Satrio dan Tofa yang merupakan Desainer Inhouse Bentang Pustaka. Dilanjutkan dengan sekilas pengantar tentang awal mula berdirinya Bentang Pustaka hingga kini, tentang buku-buku best seller mereka (Supernova, Laskar Pelangi, dll) dan sekelumit desain buku dalam dunia penerbitan. Disini, mahasiswa mulai mencerna bahwa dunia desain buku tidak semudah yang terlihat. Menentukan desain buku merupakan proses yang kompleks, dimana desain kaver buku, desain dan layout isi buku harus seirama dengan inti buku itu sendiri. Desain kaver buku pun turut berperan penting dalam penjualan buku.

Tak tanggung-tanggung, mas Fahmi berbagi proses kreatifnya dalam 15 tahun mendesain kaver serial Supernova. Yang menarik, beliau melakukan riset hingga ke studio tato dan bahkan membuat kolase untuk mendapatkan wangsit atau ide dalam mendesain kaver. Semua itu dilakukan untuk menghasilkan desain kaver yang memuaskan. Masih dirasa belum cukup, beliau pun berbagi proses kreatif mendesain kaver buku-buku Dee Lestari lainnya, seperti Rectoverso dan Perahu Kertas.

 

Setelah mendengarkan sesi creative sharing, para mahasiswa diberikan kesempatan untuk bertanya. Dan serunya, Tim Desain Bentang Pustaka telah menyiapkan doorprize untuk mereka yang kepo akan proses kreatif desain kaver buku. Sedangkan untuk dua penanya istimewa (karena mengajukan pertanyaan yang menarik), mereka mendapatkan double doorprize, yaitu buku-buku terbitan bentang pustaka dan kaos seri Supernova terakhir “Intelegensi Embun Pagi”, senangya …

Tak lupa, Tim Desain Bentang Pustaka juga memberikan peluang bagi para mahasiswa ASRD MSD untuk mengikuti Lomba Desain Kaver “Re Interpretasi Visual Buku Laskar Pelangi Andrea Hirata” dan Lomba Layout Buku. Tim Desain Bentang Pustaka juga membuka kesempatan bagi para mahasiswa yang ingin magang maupun bekerja sebagai freelance designer dengan menyerahkan langsung atau mengirim portfolio desain mereka ke Bentang Pustaka.

Acara workshop pun diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari pihak Kampus ASRD MSD, yang diwakili oleh bapak Sura Andi Nugroho selaku Wakil Direktur I, kepada Tim Desain Bentang Pustaka. Baik pihak kampus ASRD MSD maupun Bentang Pustaka berharap creative sharing ini dapat membuka wawasan pada mahasiswa akan besarnya potensi dunia desain dan visual buku bagi mereka. Profesi desainer kaver buku menjadi wacana baru bagi para mahasiswa, yaitu suatu profesi yang unik, penuh tantangan dan cukup menjanjikan.

Serunya ngobrolin workshop ini juga bsa disimak di blognya mas Fahmi Ilmansyah dan webnya Bentang Pustaka

No Comments

Post a Comment