Lembaga MSD

Sejarah berdirinya ASRD MSD Yogyakarta
Akademi Seni Rupa dan Disain Modern School of Design (ASRD MSD) Yogyakarta yang ada sekarang adalah merupakan perluasan dari Lembaga Pendidikan Ketrampilan Modern School of Design Yogyakarta (LPK MSD). Di bawah pengelolaan Yayasan Pakapti Mulia, LPK MSD Yogyakarta resmi berdiri pada tanggal 2 Oktober 1993 dengan ijin dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan serta menjadi anggota Himpunan Penyelenggara Pendidikan Luar Sekolah dan Masyarakat (HPPLSM) Yogyakarta Nomor 140/HPPLSM/93.

 

Kampus LPK MSD pertama berlokasi di Jl. Brig. Jend. Katamso No. 69 Yogyakarta. Pada awal kegiatan kursusnya (1993) LPK MSD hanya menyelenggarakan program studi Disain Grafis. Jangka waktu studi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pendidikan 2 semester maksimal 1 tahun. Kuliah Perdana terselenggara pada tanggal 18 Oktober 1993 yang diikuti oleh 44 siswa. Program intensif 2 semester yang setara 40 SKS tersebut bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan disain grafis. Melalui latihan dan pemberian tugas diharapkan siswa menempuh proses pembelajaran dengan komposisi pemberian metode teori 25% dan 75% praktek.

 

Pada tahun-tahun berikutnya dengan kondisi yang semakin mantap LPK MSD membuka program-program studi lain yaitu : Disain Interior (1994), Seni Lukis (1996), dan Fotografi (1997).

 

Menginjak tahun ke lima (1998) LPK MSD menempati kampus baru yang dirancang khusus sesuai kebutuhan pendidikan seni rupa dan disain, berlokasi di Jl. Taman Siswa no. 164 Yogyakarta. Pada tahun itu pula MSD menyelenggarakan program pendidikan 2 tahun (4 semester), disamping program 1 tahun yang sudah berjalan. Waktu terus berjalan dan LPK MSD mengalami perkembangannya yang luar biasa. Pada saat bersamaan mulai terlihat peluang besar dalam profesi Disainer Komunikasi Visual (Disainer Grafis) dan tumbuhnya permintaan pendidikan program studi Disain Komunikasi Visual. Momentum inilah yang mendorong Akademi Seni Rupa dan Disain MSD resmi berdiri pada tanggal 12 Desember 2000 sesuai SK Mendiknas No. 252/D/O/2000, dengan pemberian status Terdaftar kepada Program Studi Desain Komunikasi Visual untuk jenjang pendidikan program DIII.

 

Sesungguhnya alasan mendirikan akademi telah muncul sejak tahun 1993, pada awal pendirian LPK MSD, namun Yayasan Pakapti Mulia yang menaungi MSD memilih menunggu hingga memiliki fasilitas pendidikan seperti gedung, studio, laboratorium, perpustakaan tersedia lengkap dan memadai. Juga kesiapan kurikulum yang komprehensif dan memenuhi tuntutan kebutuhan jaman. Selanjutnya melakukan rekrutmen dosen-dosen muda yang berprestasi dan berpengalaman sebagai praktisi.

 

Proses belajar mengajar pertama kali dimulai pada Tahun Akademik 2001/2002 dengan diikuti oleh 151 mahasiswa. Ijin penyelenggaraan Program Studi Desain Komunikasi Visual, Diploma Tiga (D-III), pada Akademi Seni Rupa Dan Disain MSD hingga saat ini telah diperpanjang ulang sebanyak dua kali. Yang pertama dengan Nomor: 3146/D/T/K-V/2009 dan yang kedua dengan Nomor: 7348/D/T/K-V/2011. Perkembangan selanjutnya, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melalui SK No. 008/SK/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/I/2013 telah menetapkan status terkareditasi B untuk program Studi Disain Komunikasi Visual (Prodi DKV) ASRD MSD Yogyakarta.


Semangat yang menjiwai pendirian ASRD MSD Yogyakarta

ASRD MSD Yogyakarta di bawah pengelolaan Yayasan Pakapti Mulia dari tahun ke tahun mengalami kemajuan secara berkesinambungan seiring dengan perkembangan yang terjadi di dalam masyarakat. Keberadaan ASRD MSD Yogyakarta merupakan salah satu bentuk partisipasi dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa serta aktif mengisi kemerdekaan seperti diamanatkan dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 Negara Republik Indonesia. ASRD MSD Yogyakarta pada hakikatnya merupakan suatu komunitas akademik yang berkarya dalam dunia pendidikan yang secara cermat, kritis dan bertanggung jawab menjaga nilai-nilai budaya bangsa dengan cara menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (Tridharma Perguruan Tinggi).

 

Profil lulusan yang dihasilkan

Sebagai institusi pendidikan tinggi, ASRD MSD Yogyakarta berperan aktif menghasilkan sumber daya manusia berkualitas dalam bidang seni rupa dan disain agar mampu berperan serta dalam kegiatan pembangunan nasional dan memiliki daya saing yang tinggi dalam persaingan global dibidang Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan/atau seni.
Menapaki usia yang ketujuh belas tahun, ASRD MSD Yogyakarta telah mewisuda sebanyak hampir 1000 mahasiswa, yang kini telah menyebar luas ke seluruh wilayah Indonesia bahkan hingga ke manca Negara. Saat ini jumlah mahasiswa aktif sekitar 350 orang. Mereka beraktivitas di kampus untuk belajar, diskusi, mengerjakan tugas, dan melakukan kegiatan kemahasiswaan lainnya.

 

Formula 4G untuk jadi jago DKV

Pada Tahun 2005, dalam diskusi bersama sivitas akademika yang diprakarsai dosen tetap tercetuslah slogan atau tagline “Kandang Jago, Bukan Jago Kandang”. Tagline ini mampu mengangkat imej/citra ASRD MSD Yogyakarta sebagai institusi pendidikan tinggi yang fokus pada prodi DKV dengan jumlah mahasiswa terbesar se DIY dan Jateng sebanyak 500 lebih mahasiswa. Tagline tersebut kemudian diikuti dengan visualisasi figur ayam jago dalam wujud tiga dimensi (3D).

 

Menuju perjalanan tahun 2014, tim promosi ASRD MSD Yogyakarta meramu suatu formula 4G yaitu: Good Skill, Good Idea, Good Attitude, dan Good Prospect. Penjabaran
dari masing-masing formula tersebut adalah sebagai berikut :

 

Good Skill : Disainer komunikasi visual yang memiliki keahlian menggambar dan merancang dengan kepekaan artistika baik dan terkonsep. Mahir dalam praktek berkarya sevara manual maupun digital, seperti airbrush, cetak saring (sablon), fotografi, ilustrasi, komik, animasi, dan berbagai aplikasi computer grafis.

 

Good Idea : Disainer yang memiliki pengetahuan dan wawasan terkini sebagai bekal untuk menghasilakan ide-ide orisinal dan kreatif. Memiliki penalaran konsep dan imajinasi yang berani untuk sivisualkan secara sistematis dan komunikatif.

 

Good attitude : Disainer yang memiliki sekap serta tanggungjawab yang baik, mampu bekerjasama dengan berbagai pihak demi mendapatkan solusi perancangan yang optimal. Mampu memahami keinginan klien dan konsumen untuk diterjemahkan dalam perancangan yang solutif dan kreatif.

 

Good Prospect : Disainer yang memiliki good skill, good idea, good attitude, tentunya
sangat berpeluang pada ‘good prospect’. Masa depan ada digenggaman tangan siap bekerja di perusahaan, berkarya di masyarakat maupun berwirausaha di bidang DKV.

 

Nilai-nilai yang mendasari proses Tridharma

Dalam mengemban tugas mulia ini, ASRD MSD Yogyakarta beritikad membangun manusia Indonesia yang bermoral baik, berwawasan luas, dan berketrampilan tinggi berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945. ASRD MSD Yogyakarta memiliki komitmen untuk menghasilkan insan akademik yang profesional dan memiliki kepribadian positif, yakni mampu menanggapi perubahan lingkungan dan dinamika masyarakat melalui kemampuan profesional di bidang seni rupa dan disain yang diejawantahkan ke dalam karya yang mencerminkan perbaduan unsur teknologi modern dengan cita rasa artistik yang tinggi.

ASRD MSD Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan tinggi berusaha menjaga citra akademik dengan cara mengelola kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademikdan keleluasaan pengembangan kreativitas seni rupa dan disain secara bertanggung jawab. Untuk melaksanakan tugas-tugas dimaksud di atas, maka ditetapkan Statuta ASRD MSD Yogyakarta, sebagai sebuah pedoman dasar penyelenggaraan kegiatan yang dipakai sebagai acuan untuk merencanakan, mengembangkan program, dan menyelenggarakan kegiatan fungsional, memuat dasar yang dipakai sebagai rujukan pengembangan peraturan umum, peraturan akademik, dan prosedur operasional yang berlaku.
Statuta ASRD MSD Yogyakarta tersusun dalam uraian berikut ini.

 

VISI DAN MISI

VISI

Tahun 2025 menjadi Perguruan Tinggi yang unggul di tingkat Nasional, dalam bidang seni rupa dan disain berbasis industri kreatif.

MISI

1. Melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi dalam bidang seni rupa dan disain berbasis industri kreatif.
2. Meningkatkan profesionalitas sivitas akademika dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara berkelanjutan.
3. Meningkatkan mutu kinerja secara internal maupun eksternal.

 

 


IDENTITAS

1. Nama Perguruan Tinggi

Akademi Seni Rupa dan Disain MSD adalah Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Yayasan Pakapti Mulia.

2. Lambang

Akademi memiliki lambang sebagai berikut :

a. Inti lambang :
• Keutuhan lambang membentuk konfigurasi menyerupai pohon yang mempunyai makna tumbuh dan berkembang.
• Konfigurasi pohon tersebut oleh kesatuan teks : AKADEMI SENI RUPA DAN DISAIN, Logo brand MSD dan logo type MSD. Ketiganya melambangkan tumbuhnya rasa kekeluargaan dan pertalian batin antara Yayasan, Staf Edukatif dan Non Edukatif dan Mahasiswa.
• Tiga fitur segitiga warna merah bulu mata logo brand MSD, mempunyai makna Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.
• Logo brand MSD dengan figure mata mempunyai makna : VISUAL yaitu wawasan luas, cermat, teliti, optimis dan mampu mencari gagasan baru dan berpikir pragmatis dalam proses penciptaan karya seni.
• Huruf standar teks AKADEMI SENI RUPA DAN DISAIN adalah Futura dan teks MSD adalah Fujiyama.
b. Warna lambang :
• Merah = berani, dan optimis menyongsong masa depan yang cerah.
• Hitam = kokoh, tegar, mantap, kejujuran, kebenaran.
• Ungu = kepekaan estetis, keluhuran budi dengan dasar nilai-nilai yang tinggi.

 

Kedudukan Akademi Seni Rupa dan Disain MSD Yogyakarta

Akademi Seni Rupa dan Disain MSD berkedudukan di Yogyakarta. Akademi Seni Rupa dan Disain MSD sebagai Perguruan Tinggi Swasta didirikan pada tanggal 12 Desember 2000 berdasarkan Surat Rekomendasi Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah V DIY Nomor : 0937 / Kop.V / A.1 / X / 2000 tanggal 19 Oktober 2000 yang dikuatkan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 252 / D / O / 2000 tanggal 12 Desember 2000.