GREEN KOST SOLUSI KREATIF UNTUK BERKEBUN DI LAHAN SEMPIT - MSD Modern School of Design
 

GREEN KOST SOLUSI KREATIF UNTUK BERKEBUN DI LAHAN SEMPIT

GREEN KOST SOLUSI KREATIF UNTUK BERKEBUN DI LAHAN SEMPIT

“Green kost” adalah sebuah usaha online shop yang bergerak di bidang penyedia benih sayuran di Yogyakarta dengan pangsa pasar khusus yaitu masyarakat yang tinggal di perkotaan baik anak muda maupun rumah tangga yang ingin berkebun di lahan sempit. “Green kost” didirikan pada tahun 2015 oleh dua anak kost-kostan bernama Rendra dan Ester yang keduanya adalah alumni Akademi Seni Rupa dan Disain Modern School of Design (ASRD MSD) Yogyakarta. Usaha ini dibangun dengan tujuan yang mengedepankan edukasi dan mengingatkan kembali akan asyiknya tanam menanam di ruang-ruang sempit sebagai solusi kepedulian terhadap lingkungan dan ajakan untuk pendekatan gaya hidup sehat. Berikut penuturan mereka :

 

Kami ingin memulai semangat “go green” dari kost-kostan. Berawal dengan merepackaging benih-benih sayur, kami mengembangkan produk sampai pada growkit, pupuk alami, & asesoris bertemakan sayuran.

 

Tujuan utama kami adalah menumbuhkan kembali minat anak-anak muda pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk mau menanam dan merawat tanaman dengan cara yang lebih alami(tanpa pupuk dan pestisida kimia) dengan pendekatan disain packaging yang “cute dan handmade”.

 

Dalam pembuatan logo hingga packaging kami mengusung tema “art and craft movement” dimana kami lebih banyak memakai teknik manual seperti Handlettering dan Handmade rubber stamp untuk packaging berbahan kain dan kertas.

 

Gaya hidup kesibukan masyarakat perkotaan dengan jam kerja yang amat sangat padat membuat kurang nya kepedulian bahkan acuh terhadap lingkungan sekitar. Ruang terbuka hijau semakin berkurang dari hari kehari karna para pemegang modal besar lebih mementingkan membangun sarana jual beli untuk kepentingan pribadi seperti mall ketimbang membuat taman-taman kota. Zaman yang serba instan membuat berkurang nya komunikasi tatap muka secara langsung karna dengan komukasi online dianggap lebih efisien. Makan-makanan junkfood dianggap keren dan praktis tanpa mementingkan bergizi atau tidak. Pasokan makanan sayur dan buah-buahan di import dari luar negeri, padahal sejati nya negara ini sangatlah kaya dan makmur. Hampir semua pasokan sayur mayur di supermarket berasal dari cara menanam yang diberi senyawa kimia untuk mengelabui tampilan sayur yang menjadi amat sangat bagus dan fresh.

 

Kini masyarakat perkotaan sudah mulai banyak yang tersadarkan untuk kembali pada gaya hidup sehat seperti mencintai vegetarian dan menanam tanaman-tanaman sayur sendiri pada ruang sempit di halaman rumah, memberikan aksen aksen tanaman pada ruang kantor, apartemen bahkan halaman rumah yang dengan sengaja disediakan kebun kecil untuk menanam. Istilah urban farming ini kini banyak di sukai dan dilakukan oleh masyarakat perkotaan sebagai bentuk inisiatif terhadap perubahan lingkungan sekitar dengan memulai dari diri sendiri dan kepedulian terhadap konsumsi pangan yang sehat.

 

Kehadiran Green Kost diharapkan menjadi salahsatu solusi untuk mendukung kebutuhan dan gaya hidup sehat masyarakat perkotaan. Kedua alumni ASRD MSD Yogyakarta ini memberikan karya nyata sebagai desainer komunikasi visual yang mampu mengemas produk secara menarik, edukatif dan bermanfaat bagi lingkungan serta kehidupan manusia.

 

No Comments

Post a Comment